Tugas Akhir Kelas XI


AGENDA PELAKSANAAN

No
Kegiatan
Januari 2016
Februari 2016
Maret 2016
April 2016
1
Pembuatan Buku Panduan




2
Sosialisasi




3
Pembentukan Kelompok




4
Pengajuan Rancangan




5
Penentuan Rancangan




6
Pembuatan Rancangan




7
Konsultasi




8
Laporan Tugas Akhir




9
Penilaian




10
Evaluasi






PETUNJUK PENILAIAN RANCANGAN

A.      Tujuan
Untuk pedoman yang standar bagi Instruktor dalam memberikan penilaian hasil Rancangan.
B.      Prosedur
Penilaian dilakukan untuk mengevaluasi rangkaian  selama  proses pembuatan tugas sampai dengan hasil akhir tugas yang dibuat. Penilaian diambil rata-rata dari nilai kedua pendamping . Cara penilaian menggunakan skala sesuai kriteria :



No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Baik Sekali
9.01 s/d 10
Baik
8.01 s/d 9.0
Cukup
7.01 s/d 8.0
Kurang
6.0 s/d 7.0
1
Kualitas

Hasil rancangan produk memenuhi persyaratan, memiliki nilai lebih dan rancangan inovatif
Hasil Rancangan produk memnuhi persyaratan dan memiliki nilai lebih
Hasil Rancangan produk memenuhi persyaratan
Hasil Rancangan tidak memenuhi   persyaratan
2
Kecepatan

Seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan terlaksana sebelum waktu yang direncanakan
Beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan terlaksana sebelum waktu yang direncanakan
Sedikit rangkaian kegiatan yang dilakukan terlaksana sebelum waktu yang direncanakan
Hampir tidak ada rangkaian kegiatan yang dilakukan terlaksana sebelum waktu yang direncanakan
3
Pengetahu-an

Seluruh proses dan hasil rancangan dipahami
Hampir semua proses dan hasil rancangan dipahami
Beberapa proses dan hasil rancangan   dipahami
Hampir tidak ada proses dan hasil rancangan dipahami
4
Kreativitas

Selalu memiliki insiatif dalam membuat tugas
Sering memiliki insiatif dalam membuat tugas
Kadang-kadang  memiliki insiatif dalam membuat tugas
Hampir tidak pernah  memiliki insiatif dalam membuat tugas


PETUNJUK PENILAIAN PRESENTASI

A.      Tujuan
Untuk pedoman yang standar bagi Instruktor dalam memberikan penilaian dari presentasi hasil rancangan.
B.      Prosedur
Penilaian dilakukan untuk mengevaluasi proses presentasi. Penilaian diambil rata-rata dari nilai kedua pendamping . Cara penilaian menggunakan skala sesuai kriteria :

No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Baik Sekali
9.01 s/d 10
Baik
8.01 s/d 9.0
Cukup
7.01 s/d 8.0
Kurang
6.0 s/d 7.0
1
Materi

Seluruh isi hasil Rancangan produk yang terangkum dalam materi presentasi
Beberapa isi hasil Rancangan produk yang terangkum dalam materi presentasi
Sediki isi hasil Rancangan produk yang terangkum dalam materi presentasi
Hampir tidak ada isi hasil Rancangan produk yang terangkum dalam materi presentasi
2
Pengua-saan materi

Seluruh materi yang disajikan sudah dipahami
Beberapa materi yang disajikan sudah dipahami
Sedikit materi yang disajikan sudah dipahami
Hampir  tidak ada materi yang disajikan sudah dipahami
3
Kejelas-an

Seluruh isi materi hasil Rancangan produk yang dipresentasi-kan mudah dipahami
Beberapa isi materi hasil Rancangan produk yang dipresentasi-kan mudah dipahami
Sedikit isi materi hasil Rancangan produk yang dipresentasi-kan mudah dipahami
Hampir tidak ada isi materi hasil Rancangan produk yang dipresentasi-kan mudah dipahami





FORMAT PENILAIAN

A.       Siswa 
Nama Siswa              : ......................................................   
Kelas / No. Presensi  : ......................................................
No
Komponen yang dinilai
Bobot
Nilai
( Pembimbing )
Nilai
( rata2 )
x
Bobot
1
2
Hasil Rancangan
1
Kualitas
4



2
Kecepatan
2



3
Pengetahuan
3



4
Kreativitas
3



Presentasi
1
Materi
3



2
Penguasaan Materi
3



3
Kejelasan
2



Jumlah


Nilai Akhir
.Jumlah
Bobot
............
20


* Lingkari pada nomor kriteria sesuai hasil nilai akhir
1.              Baik Sekali      (nilai 9,01 s.d. 10 )
2.              Baik                 (nilai 8,01 s.d. 9,0)
3.              Cukup             (nilai 7.01 s.d. 8,0)
4.              Kurang                        (nilai 6.01 s.d. 7.0)



+Hari Kristianto